Jumat, 24 Juli 2015

Kuliner Balikpapan - Kepala Ikan Bang Jhony

Setiap saat ke Balikpapan, saya senantiasa berburu hidangan kepiting baik di RM Kenari atau RM Dandito. Namun malam itu kawan saya, Istia Budi, membawa saya untuk nikmati Kepala Ikan. " Yang ini beda mas, tidak ada ditempat lain ", demikian katanya. Penasaran dengan " promosi " nya saya juga mengiyakan demikian saya di ajak makan malam ke suatu rumah makan yang mendatangkan aneka menu memiliki bahan basic kepala ikan kakap. Nama tempatnya Kepala Ikan Bang Jony. Terdapat banyak sajian kepala ikan yang ada ditempat ini : Gulai Kepala Ikan, Sup Kepala Ikan, Asam Pedas Kepala Ikan serta Kepala Ikan Bakar Rica. Asam Pedas Kepala Ikan jadi pilihan kami. Kepala kakap ikan yang fresh di proses dengan racikan aneka rempah membuahkan sajian kepala kakap yang luar umum. Buat saya, this is the best kepala kakap yang pernah saya nikmati! Pedesnya gigit walaupun tidak sampai buat nangis, serta yang juara rasa asamnya yang sueeegerrr bener, potongan nanas memberi warna penampilan serta cita rasa dari menu kepala kakap ini. Kuah asam pedas yang diguyurkan ke nasi hangat bikin makan malam di Balikpapan ini merasa prima : mengasyikkan serta mengenyangkan.

Sesungguhnya Asam Pedas Kepala Ikan ini di sajikan dengan tiga jenis sambal yakni sambal tomat, sambal kecap serta sambal mangga. Namun saya tak menyentuh sekalipun ketiga sambal itu lantaran indera perasa ini telah cukup terbius dengan kompleksitas rasa yang disuguhi oleh menu ini. Menurut saya, sisi yang paling nikmat dari kepala kakap ini yaitu yang teksturnya mirip kikil sapi, kenyal-kenyal gitu. Eh ada satu lagi, mata. Iya mata ikan yaitu sisi kepala kakap favorite saya, terlebih dengan balutan bumbu yang lezat seperti ini, lantaran langkah untuk menikmatinya yaitu dengan disedot, hingga isi mata bersamaan dengan kuah asam pedas ini berbarungan masuk ke rongga mulut kita serta saat itu juga memberi persembahan kelezatan untuk sang indera pengecap. Serta bagian-bagian itu tak dapat kita nikmati dengan cara paripurna bila kepala kakap yang di sajikan juga sebagai bahan basic tak fresh, seperti yang tersaji di Kepala Ikan Bang Jhony ini. Satu jumlah kepala kakap yang beratnya seputar 1 kg ini bisa ditebus dengan harga Rp. 150. 000, -, cukup mahal memanglah namun satu porsinya dapat di nikmati hingga tiga orang.

Jadi nyatanya Balikpapan bukan hanya kepitingnya saja yang aduhai, namun hidangan kepala ikan ini dapat sangatlah layak untuk direferensikan. Penasaran mau cobalah menu yang lain terutama Gulai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar