Minggu, 19 Juli 2015

Kuliner Balikpapan - Kepiting Saus Spesial Dandito


Buat saya, salah satu kesibukan harus bila bertandang ke Balikpapan yaitu nikmati sajian kepiting. Ya, Balikpapan yaitu salah satu kota di Indonesia yang populer dengan olahan kepitingnya. Terkecuali RM Kenari, Salah satu tempat yang juga populer dengan aneka menu memiliki bahan basic kepitingnya, dan senantiasa ramai yaitu Rumah Makan Dandito yang berlokasi tak terlampau jauh dari Bandara. Ada tiga type kepiting yang dapat kita tentukan di sini : Kepiting Jantan/Super, Kepiting Betina/Telur serta Kepiting Soka. Kepiting Jantan memberi kenikmatan makan kepiting sejati lantaran mempunyai sisi badan yang besar, yang bermakna sediakan jumlah daging yang semakin banyak. Kepiting Betina lebih kecil dari kepiting jantan namun berikan bonus telur di tubuhnya, sedang Kepiting Soka mempunyai kelebihan dengan cangkangnya yang lunak hingga dapat turut dikonsumsi. Sesudah pilih type kepitingnya, jadi selanjutnya yaitu pilih type olahannya. Salah satu type olahan sebagai signature di RM Dandito yaitu Saus Khusus Dandito. Saus ini menyuguhkan rasa manis serta asam yang ditimpali dengan cubitan sedikit rasa pedas, serta yang buat khusus yaitu komposisi rasa yang dihasilkan memanglah dapat penuhi rongga mulut kita dengan cita rasa yang aduhai. Daging kepiting yang putih serta lembut segera beralih jadi garang serta menantang demikian tersentuh saos khusus Dandito ini. Bahkan juga saat santapan telah habis, susah untuk menahan godaan tidak untuk menjilati tiap-tiap jemari yang masih tetap tersisa saus ini. Pujian saya berikanlah buat sang kreator Saus Khusus Dandito.

Buat saya, ada satu lagi pilihan saus yang juga butuh dipoedjiken : Saus Lada Hitam. Pedasnya si lada hitam segera nonjok demikian bersua si indera pengecap. Seberkas rasa manis serta cita rasa gurih juga ikut ada di saos ini. Membongkar cangkang kepiting yang cukup susah merasa sepadan saat daging kepiting yang " tercemari " dengan saus lada hitam ini bersentuhan dengan indera pengecap kita. " Seuhah " juga jadi sisi dari sistem nikmati kepiting saus lada hitam persembahan dari Kepiting Dandito ini.

Di daftar menu yang didapatkan dari sang pramuwisma kita dapat saksikan ada dua kelompok olahan Kepiting Dandito ini : pedas serta tak pedas. Untuk yang pedas cuma ada dua pilihan yakni Saus Khusus Dandito serta Saos Lada Hitam, sesaat yg tidak pedas terdapat banyak pilihan yang dapat kita tentukan yakni Saos Asam Manis, Saos Tiram, Rebus/Stim serta Goreng Bawang Putih. Di antara empat pilihan olahan non pedas itu, cuma ada satu yang diberi jempol di menunya juga sebagai sinyal menu yang direkmoendasikan di Rumah makan ini, yakni Kepiting Goreng Bawang Putih. Rasa natural dari daging kepiting yang cuma digoreng serta di sajikan dengan butiran bawang putih ini direferensikan untuk yang mau nikmati gurih serta segarnya kepiting yang di sajikan disini. Sayang sambal yang ikut di sajikan berbarengan kepiting ini kurang yahud, namun tenang kita masih tetap dapat cocol daging kepitingnya dengan saus khusus serta lada hitam diatas kan :)

Satu menu yang tidak sering diketemukan ditempat lain yaitu Kepiting Soka. Dengan cangkangnya yang lunak, kepiting ini cuma dapat di sajikan dengan digoreng tepung terlebih dulu, lalu di sajikan dengan saus khusus dandito atau saus lada hitam sesuai sama pilihan kita. Buat yang tidak ingin ribet membongkar cangkang kepiting agar bisa nikmati daging kepiting, kepiting soka ini yaitu pilihan yang pas. Kita cuma tinggal mengguyurnya dengan saus pilihan kita serta segera bisa disantap. Namun untuk saya pribadi, kesenangan makan kepiting itu malah pada perjuangan buka cangkangnya serta temukan " harta karun " di dalamnya. Jadi saat menyantap kepiting soka ini, sensasi itu tak diperoleh serta cita rasa kepitingnya telah agak menyusut lantaran bumbu tepungnya. Walaupun demikian, menu yang satu ini jadi andalan di Kepiting Dandito serta yang berminat sangatlah banyak.

Untuk nikmati Kepiting Dandito, saya anjurkan janganlah sendirian lantaran satu jumlah kepiting yang di sajikan akan tidak muat untuk perut satu orang, terkecuali kemampuannya memanglah diatas rata-rata. Sekurang-kurangnya satu menu ini bisa di habiskan oleh 2-3 orang. Untuk harga ditetapkan dari pilihan kepiting yang kita santap, untuk satu jumlah Kepiting Jantan/Super kita mesti merogoh kocek sebesar Rp. 185. 000, -, Kepiting Betina Rp. 195. 000 serta Kepiting Soka Rp 165. 000 (belum termasuk juga pajak 10% yah). Kita dapat juga bawa kepiting ini juga sebagai oleh-oleh loh, tinggal pesan segera atau dapat melalui telephone saja untuk menu kepiting yang kita kehendaki serta katakan bakal di ambil kapan, RM Dandito bakal mempersiapkan pesanan kita dalam paket kotak praktis yang telah siap bawa. Nikmatnya lagi, bila dari Kota Balikpapan, Kepiting Dandito ini ada dalam jalur arah ke bandara, jadi tak susah untuk mengambilnya. Bahkan juga untuk penuhi pesanan take away ini, mereka telah siap buka mulai sejak jam 6 pagi! Jadi bagikanlah sensasi nikmati kepiting Dandito untuk keluarga terkasih dirumah.

Read more : http :// www. banyumurti. net/2015/05/kuliner-balikpapan-kepiting-saus. html#ixzz3g8CyacrV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar