Selasa, 21 Juli 2015

Kuliner Bandung - Es Durian Pak Aip


Alkisah, di th. 90an ada suatu kantin berupa foodcourt yang populer yang ada di ruas Jl Tubagus Ismail Bandung, namanya Kantin Sakinah. Beberapa mahasiswa yang kampusnya ada tak jauh dari jalan itu seperti ITB serta UNPAD, pasti mengetahui kantin ini. Sebagian penjual makanan ada di kantin ini seperti mie ayam, es buah, siomay dan sebagainya. Namun ada dua jajanan yang paling banyak diburu di Kantin Sakinah ini : Mie Ayam serta Es Duren, sampai nama kantin ini juga menempel pada dua jajanan ini : Mie Ayam Sakinah serta Es Duren Sakinah. Orang mesti sabar menanti bila pesan dua jajanan ini lantaran cukup banyak antrian pesanan. Nampaknya cuma ditempat inilah kita dapat menyantap mie ayam sekalian dengan dessert es duren. Namun tak tahu mulai sejak kapan, sang penjual es duren tak akan berhimpun dengan Kantin Sakinah, dia geser ke suatu ruko di ruas jalan Tubagus Ismail Raya, cuma seputar 50 mtr. dari tempat aslinya. Es Durian Pak Aip, tersebut " branding " baru dari es duren ini, mengambil nama sang empunya.

Sebagian butir duren utuh dengan bijinya di hidangkan dengan es serut serta susu kental manis serta gula putih, inilah menu Es Durian Original dari Es Durian Pak Aip. Olahan simpel inilah yang mulai sejak di kantin Sakinah dapat kita dapatkan. Mungkin saja tampak umum, namun ketrampilan Pak Aip dalam pilih bahan baku paling utama, dengan kata lain duriannya yang bikin Es Durian ditempat ini istimewa. Duriannya legit serta nonjok, bener-bener duren pilihan. Es Durian Pak Aip ini memanglah tidak sama dengan sajian es/sop duren yang populer di kota yang lain seperti Es Durian Ubah Nan Lamo dari Padang atau Sop Duren Lodaya di Bogor di mana durian di proses terlebih dulu jadi " saus " yang disajikan dengan es, sedang disini durian di sajikan utuh. Terkecuali Es Durian Original, saat ini kita dapat juga temukan varian yang lain ditempat ini seperti Originally Soup Durian yang pakai santan, Browny Sugar dengan gula merah, Strawberry crush dengan penambahan es cream strawberry, Double chocolate yang turut mendatangkan es cream cokelat serta susu kental manis cokelat serta ada banyak menu es durian yang lain. Harga satu jumlah Es Duren Original yaitu Rp. 24. 000, -, sedang menu yang lain sekitar pada Rp. 24-27ribu.

Berjualan Es Duren mulai sejak 1987, Pak Aip dapat disebutkan juga sebagai pelopor Es Durian di Bandung. Ya memanglah ketika itu mungkin saja cuma Pak Aip yang jual type kuliner ini. Kenyataan yang menarik yaitu mulai sejak ditinggal Pak Aip, tempatnya di Kantin Sakinah di isi oleh pedagang es durian yang lain. Namun " kwalitas " es durian yang di sajikan masih tetap kalah dengan es durian Pak Aip. Demikian sebaliknya, kedai Es Durian Pak Aip juga menghidangkan Mie Ayam sebagi ubah " partner " nya di Kantin Sakinah, serta sama, rasa mie ayam di kedai Pak Aip ini masih tetap kalah bila dibanding dengan Mie Ayam Sakinah. Lantaran lebih di kenal dengan Es Durian Sakinah, jadi saat ini Es Durian Pak Aip juga menempatkan " embel-embel " Sakinah di belakangnya, mungkin saja dengan maksud supaya beberapa pelanggannya tak tertukar dengan penjual es duren yang lain. Sekarang ini Pak Aip telah buka banyak cabang kedai es durennya di sebagian titik di kota Bandung seperti di Jl Merdeka, Plaza IBCC (Jl Ahmad Yani), Jl Setiabudi, Kebonjati dsb. Bahkan juga telah bisa diketemukan di Jakarta yakni di Mal Taman Anggrek serta Mal Kelapa Gading. Jadi untuk kamu pengagum durian, bookmark halaman ini supaya tahu kemana mesti pergi bila mesti berburu kuliner duren di Bandung :)

Read more : http :// www. banyumurti. net/2015/04/kuliner-bandung-es-durian-pak-aip. html#ixzz3g8DRTmMx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar